The First Day

1 Januari

"Lebih baik tahu sedikit hal yang baik dan perlu, daripada banyak hal yang tidak berguna dan biasa-biasa saja."
-Tolstoy

"Di dalam sebuah perpustakaan yang kecil, betapa banyaknya kekayaan yang dapat disimpan! Berkawan dengan orang-orang yang paling bijak dan paling mulia dari seluruh negara berbudaya di dunia, selama beribu-ribu tahun, dapat mendatangkan manfaat terbaik dari berbagai kajian dan kebijaksanaan yang dapat kita petik. pemikiran yang mungkin belum sempat mereka ungkapkan kepada teman-teman dekat mereka, ditulis di sini dengan kata-kata yang jelas bagi kita, sebagai orang yang hidup dalam abad yang lain. Sungguh, kita harus berterima kasih tasa buku-buku yang terbaik, atas prestasi spritual tertinggi dalam hidup kita."
-Emerson

"Ada terlalu banyak buku tidak bermutu hanya untuk menghibur pikiran. Oleh karena itu, kamu harus membaca hanya buku-buku yang jelas dianggap sebagai buku-buku yang bermutu."
-Seneca

"Bacalah buku-buku yang terbaik terlebih dahulu, kalau tidak maka kamu tidak akan dianggap sebagai buku-buku yang bermutu."
-Thoreau

"Dalam sastra maupun dalam kehidupan, hal-hal yang sama selalu terjadi berulang-ulang. Ke mana pun kamu pergi, kamu dapat melihat lumpur yang tidak berubah. Ada begitu banyak buku yang tidak bermutu, laksana rumput liar yang melimpah dan mengganggu pertumbuhan jagung yang baik. Buku-buku semacam ini hanya mencuri waktu dari khalayak pembaca-waktu, uang, dan perhatian yang seharusya diarahkan hanya pada karya-karya terbaik. Buku-buku yang tidak bermutu adalah racun moral yang menumpulkan pikiranmun."
-Schopenhauer

"Perbedaan antara racun materi dan racun intelektual adalah bahwa sebagian besar racun materi menjijikkan bila dirasakan, tetapi racun intelektual, yang menyamar dalam koran-koran murahan dan buku-buku tidak bermutu, tampak menarik-dan semakin menarik, semakin banyak selera orang yang dimanjakan."
-Tolstoy

0 comments:

Google PR

My Blog List

Followers Tolstoy

Tolstoy in Picture's

  © Kalender Kearifan Tolstoy ProBlogger Template by Blog Templates 2008

Back to TOP