The Second Day's

2 Januari

"Salah satu prasangka paling buruk adalah kecurigaan mayoritas apa yang disbut "para ilmuwan zaman kita" yang mendaku bahwa orang-orang dapat hidup tanpa keyakinan."
-Tolstoy

"Di sepanjang abad ini, di setiap zaman, orang-orang ingin mengetahui, atau paling tidak ingin memiliki gagasan yang kabur tentang, sumber, yakni permulaan dan tujuan akhir dari eksistensi mereka. Dan dampaknya agama memenuhi persyaratan ini, dan telah mencerahkan hubungan-hubungan itu yang menyatukan semua orang sebagai saudara, karena mereka memiliki asal usul yang sama, tugas yang sama bagi kehidupan mereka dan tujuan umum yang sama."
-Mazzini

"Hakikat setiap agama adalah menjawab pertanyaan "mengapa saya hidup, dan bagaimana sikap saya terhadap dunia tak terbatas yang mengelilingi diri saya?" Tidak ada satu pun agama, mulai dari yang paling maju hingga yang paling primitif, yang tidak memiliki ketentuan sikap seseorang terhadap dunia sebagai dasarnya."
-Tolstoy

"Tidak ada satupun prinsip umum yang telah berkembang dari periode awal kehidupan umat manusia hingga zaman sekarang. Dalam kedalaman semua agama mengalir kebenaran pemersatu yang bersifat umum. Biarkan orang Persia menyandang taovid-nya, orang Yahudi memakai topinya, orang Kristen memakai salibnya, orang Islam mengenakan bulan-sabitnya, tetapi kita harus ingat bahwa semua ini hanyalah simbol-simbol luar, dan hakikat umum semua agama adalah mencintai tetanggamu, dan bahwa mencintai tetangga ini dituntut oleh Manuf, Zoroaster, Buddha, Musa, Socrates, Yesus, St. Paulus, dan Muhammad."
-Flugel

"Orang yang hidup tanpa keyakinan tak ubahnya seperti seekor binatang."
-Tolstoy

0 comments:

Google PR

My Blog List

Followers Tolstoy

Tolstoy in Picture's

  © Kalender Kearifan Tolstoy ProBlogger Template by Blog Templates 2008

Back to TOP